Pages

Monday, 6 December 2010

Tips Berdoa Agar Cepat Terkabul

Teman-teman sahabat hazmi, terkadang kita pernah berharap sesuatu kan ? Semua orang di planet ini juga pernah begitu. Ketika kita punya keinginan maka kita lantas berdoa kepada ALLAH SWT. Trus setelah sekian lama kita berdoa kenapa impian atau keinginan kita gak terwujud ya ? Saya juga pernah mengalami hal seperti itu. Padahal ALLAH itu Maha Mendengar dan akan mengabulkan segala doa yang dipinta oleh hambanya secara terus-menerus. Eits. . .  terus-menerus. Lalu tanyakan kepada diri kalian apakah kalian berdoa secara terus-menerus. Tak pernah meninggalkan shalat 5 waktu dan selalu berdoa di setiap akhir shalat kita. Atau kata-kata kita yang kurang bagus sehingga perlu waktu yang lama untuk dikabulkan. Tentunya ALLAh lebih suka doa yang bagus daripada doa yang biasa-biasa saja. Tidak ada pujian-pujian untuknya.
                Ehm . . . Saya pernah berdoa. Di setiap shalat ya. Tapi kenyataannya tidak terwujud impiannya. Saya rasa ikhtiar dan doa saya kurang muantap. Sehingga tidak dikabulkan. Tapi ternyata ALLAH sungguh Bijaksana. Dia menunjukkan jalan yang lain untuk saya. Dan saya menyukai jalan itu. Jadi ? Intinya. . . liat aja dulu deh penjelasan tentang tata krama berdoa beserta dalil-dalilnya:

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan bagimu. Sesungguhnya                  orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” [QS. 40 : 60]”

Ayat Suci ini merupakan petunjuk bagi kita bahwa dalam berdoa kita tidak boleh putus asa. Dan jangan lah terbesit satu keraguan di hati bahwa doa kita tidak terkabulkan. Karena ALLAH SWT niscaya akan mengabulkannya.
Selanjutnya berdo’alah kepada Allah swt. secara terus menerus dengan penuh kecintaan dan Ridha kepada-Nya. Diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw, bahwa beliau bersabda:

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berdoa dengan mendesak
secara terus menerus.” 
Disebutkan pula dalam hadist yang lain, bahwa malaikat Jibril berkata kepada
Allah swt:
“Wahai Tuhanku, perkenankanlah hajat si Fulan.
Allah swt berfirman:
“Biarkan hamba-Ku (itu terus berdoa), sesungguhnya Aku senang mendengar
suaranya.”
Hadist tersebut mengandung pengertian bahwa di antara manusia ada orang
yang segera dikabulkan doa’nya dan memperoleh apa yang diminta, Karena
Allah tidak suka mendengar suaranya. Jadi ketika kita merasa ALLAH lama mengabulkan doa kita percaya ALLAH senang mendengar doa kita. Tetapi dengan syarat kita berdoa mengikuti tata krama. Demikian menurut sahabat Anas bin Malik. Dan kontek ini pula ada riwayat yang mengatakan:

“Oleh sebab itu, seharusnya seorang hamba merasa takut, kalau hal itu terjadi pada dirinya, karena sikapnya ketika berdo’a, tergesa-gesa  minta segera dikabulkan”

Terkadang ijabah (pengabulan doa) terkait erat dengan syarat-syarat yang tidak diketahui oleh orang yang berdo’a. Sehingga ijabah menjadi tertunda, karena tidak adanya syarat yang menyertainya. Yang demikian itu, seperti adanya kondisi yang sangat terpaksa dan benar-benar dalam kesulitan.

Lalu tata krama berdoa gimana? Silahkan liat atuh. . . (Hal ini berdasarkan Hadist Sohih)
1.       Mengangkat kedua telapak tangan dan mengusapkannya ke wajah, seusai
berdo’a.
2.       Berkonsentrasi diri dengan hati yang yakin, bahwa do’anya akan dikabulkan.
3.       Mengawali do’a dengan ucapan hamdalah dan shalawat. Dan, menyelingi
serta menyudahinya dengan membaca sholawat.
4.       Mengakhiri dengan ucapan Amiin.
5.       Dengan tenang, dan suara pelan- tidak keras-keras, menundukkan kepala.
6.       Memakai kalimat yang singkat, tapi dalam (luas) maknanya. Seperti kalimat-kalimatyang ada di AL-Quran.
7.       Mengulangi doa dan membaca istighfar 3x.
8.       Jangan meminta segera terkabul.
9.       Jangan berdo’a soal keburukan.
10.   Memulai dengan diri sendiri, baru untuk orang lain.

Nah. . . apakah kita sudah melakukannya? Dan mungkin ada salah satu yang belum kita kerjakan sehingga membuat doa kita belumjuga terkabul. Sedikit berbagi ilmu tentang kapankah kita berdoa yang segera dikabulkan ALLAH SWT. Hal ini berdasarkan hadist shohih

1. Di antara Adzan dan iqamah
2. Di saat Sujud
3. Dalam bepergian, dan di saat dizalimi orang.
4. Waktu datang ajakan untuk berperang, saat berperang dan di waktu hujan.

Allahu’alam, semuanya hanya ALLAh yang Maha Mengetahui. Hanya berbagi ilmu di blog ini. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekan. Maaf jika ada kata yang salah tolong dikasi tahu ya. . . Dan jika ingin bertanya silahkan coment atau kirim via suler.

1 comment:

  1. wah,...bakat penulis dah nurun jg ke adek gw yg 1 ini nih....!
    LANJUTKAN!

    ReplyDelete

Habis baca enakkan koment

Motivation Today