Pages

Saturday, 1 January 2011

Bagaimana cara membuat komputer Anda selalu dalam kondisi optimal saat dipakai.


            Komputer dalam keadaan optimal tentu sangat diharapkan oleh semua pengguna komputer. Namun sesuai kodratnya suatu alat adakalanya kondisi optimal tak Anda dapatkan pada saat Anda sangat membutuhkannya. Contohnya saja Anda harus mengeprint tugas kuliah Anda sedangkan filenya ada di komputer. Dan ketika kita hidupkan komputer ternyata komputer kita tidak mau hidup. Bagi orang yang awam pastinya Anda akan merasa bingung dan akhirnya harus merogok kocek untuk memperbaikinya karena menggunakan jasa orang lain.
            Hal-hal menyebalkan seperti tadi bisa dicegah apabila Anda merawat komputer Anda dengan baik. Baik itu perawatan software maupun hardware. Karena kedua perangkat itu saling ketergantungan satu sama lain. Untuk perawatan software Anda dapat dengan mudah mencobanya sendiri. Tetapi untuk perawatan hardware Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Jangan ragu untuk bertanya ke teman yang lebih pandai.
Baiklah berikut perawatan-perawatan yang harus tetap Anda lakukan jika Anda ingin komputer Anda selalu optimal ketika dipakai :
A.    Perawatan Operational System
Operational System merupakan sistem operasi yang memberi perintah kepada hardware-hardware komputer. Jika OS rusak sudah pasti komputer tak dapat digunakan. Perawatan software tentu berkaitan dengan tools-tools software yang berguna. Guna mempercepat kinerja OS itu sendiri. Pertama-tama ayo kita setting OS di komputer Anda agar dapat berkerja dengan optimal dan cepat. Hal-hal yang saya tuliskan dapat dilakukan oleh siapapun yang penting jangan pernah takut mencoba. Sebelum Anda melakukan langkah-langkah dibawah ini. Untuk berjaga-jaga kesalahan dalam praktek buatlah system restore.
1.      Hilangkan start up yang tidak penting
Start up pada sebuah software cukup menghambat kinerja komputer pada saat pertama dihidupkan. Ini cukup menggangu bagi orang yang ingin semuanya serbacepat. Dan juga memenuhi CPU usage yang tentu dapat memperlambat komputer Anda. Cara menghilangkan start up yang tidak berguna sebagai berikut :
·         Pilih run pada start menu.
·         Ketikan di dalamnya “ msconfig ” lalu Enter
·         Pilih start up pada tab menu.
·         Pilih disable all. Setelah itu ceklist start up yang sekiranya Anda perlukan. Saya menyarankan hanya menceklist antivirus saja. Itu akan mempercepat serta melindungi komputer Anda
2.      Memperbesar Virtual Memory
Caranya : klik kanan pada my computer lalu pilih advanced. Pada menu dibawahnya pilih performance. Setelah itu pilih advanced dan pilih change. Lalu pilih customize size. Samakan nilai initial size dan maximum size.
  
3.      Mematikan fitur AutoPlay
Plih run lalu ketik gpedit.msc. Setelah itu pilih computer configuration > Aministrative Templates > System. Pada menu yang dimunculkan disamping pilih turn off Autoplay
 
4.      Instal Program seperlunya
Sebenarnya penggunaan software pada komputer sangattergantung siapa yang menggunakan komputer tersebut. Jika seorang designner atau photo editor. Mungkin lebih banyak pengggunaan software yang berhubungan dengan pengeditan gambar.
Berikut software yang saya anjurkan untuk komputer Anda agar dapat berjalan cepat.
·         Micorsoft Office 2007 atau 2003 tetapi sewaktu penginstalan pilihlah Microsoft Office yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya Jika Anda hanya memerlukan Microsoft Word, Mincrosoft Excel, dan Microsoft Power Point. Kenapa Anda harus mengisntal Microsoft One Note atau Publisher (khusus untuk Office 2007). Bukankah itu lebih effisien.
·         Image Viewer berguna untuk menampilkan gambar dengan lebih menarik dan disertai tools editing sederhana. Disarankan untuk mengisntal satu software image viewer. Contohnya picassa atau fast stone
·         Music player berguna untuk memutar jenis-jenis fule musik atau lagu. Disarankan untuk lebih menginstal software music player yang ringan. Tetapi jika Anda mempunyai software kesukaan Anda itu tidak masalah. Direkomendasikan untuk memakai software ringan seperti allsong ataus KMP Player
·         Video Player. Installah video palyer yang ringan-ringan saja dan sekaligus bisa menjadi DVD Player. Seperti K-Lite codec (Media Player Classic) dan GOM Player
·         Antivirus. Merupakan software yang dapat melindungi komputer Anda dari berbagai gangguan yang berasal dari virus atau malware dan sejenisnya. Jika Anda mempunyai komputer yang cukup handal. Anda bleh menggunakan 2 antivirus. Antivirus pertama untuk virus non made in Indonesia seperti Avira, AVG, Ansav, dll. Ingat pilih salah satu saja antivirus luar negeri. Dan untuk virus lokal Anda bisa menggunakan SmadAV atau Pcmav. Antivirus lokal juga harus diinstal salah satu saja. Dan ini yang terpenting. Antivirus Anda harus selalu diupdate. Itu dapat membuat antivirus Anda menjadi lebih kuat dalam membentengi komputer Anda.
·         Tools Utilities. Software-software ini memudahkan Anda untuk membersihkan registry, mendefrag, atau menghapus file-file yang ada di recycle bin. Contohnya Ccleaner atau yang lebih komplete TuneUp Utilities.
·         PDF reader. Ini sangat berguna bagi Anda yang menggemari ebook. Anda dapat memakai Foxit Reader untuk membukanya. Software saya pilih karena ringan dan komplete. Bisa edit PDFnya juga loh.
5.      Uninstal Program yang tidak penting
Tentu kita selalu ingin mencoba software-software baru yang kita ambil dair internet maupun CD ora DVD software. Tetapi setelah dicoba kegunaan softwarenya tidak sesuai dengan yang kita dambakan. So jangan dibiarkan aja software itu berdiam diri dikomputer Anda. Harus segera diunisntal. Guna memperbesar free space harddisk di komputer Anda dan tentunya mempercepat kinerjanya donk.
6.      Gunakan Anti Virus Smadav. Kenapa saya menyarankan antivirus ini. Karena di SmadAV mempunyai kemampuan untuk mengunci disk drive agar terhindar dari autorun.inf milik virus itu sendiri. Dengan begitu Anda dapat mendelete virusnya dengan muda. Dan komputer Anda menjadi lebih baik.
7.      Jangan lupa untuk mendefrag harddisk. Pada penejelasan diatas pasti Anda telah membaca tools utilities. Dengan tools utilities Anda dapat mendefrag harddisk dengan lebih mudah.Atau Anda dapat melakukan hal ini.
Pilih my computer. Ketika telah masuk klik kanan pada Local Disk harddisk (“C” or “D” or “E”)  lalu pilih propertis. Pada menu tab pilih tools dan pilih “defragment now”. Anda juga dapat memilih “check now” untuk mengecek apakah ada yang error pada harddisk Anda.
 
8.      Buat partisi harddisk khusus untuk data. Tentu hal ini dapat menguntunkan Anda sekali. Selain data lebih amandanterjaga. Anda juga dapat mengaksesnya dengan lebih mudah. Hal  ini hanya dapat dilakukan pada saat pengisntallan OS.
Download software update :

7 comments:

  1. lengkap dan detil sekali tutorialnya bos. mantab!!

    ReplyDelete
  2. Tipnya keren gan :) bermanfaat banget.

    Salam kenal, sekaligus kunjung balik dari komputerblog.com

    ReplyDelete
  3. Pas startup, kompi ane lemot banget gan. Ada AV dan aplikasi lah yang kluar di layar. Tapi bahaya gak gan itu cuma dicentang AVnya aja?

    ReplyDelete
  4. Gak lah. Cukup AV aja gan. Beberapa start up lainnya hanya memperberat kecuali software utilities. Sperti Tune Up. Pokoknya kalau komputer agan lemot. Coba hilangin start upnya dan defrag harddisknya. Dah tu cek penuh atau gak harddisknya. Kalau penuh wajar aja lah.

    ReplyDelete
  5. keren nih blog + isinya,
    tercapai deh tujuannya..

    ReplyDelete

Habis baca enakkan koment

Motivation Today